Budaya yang berkembang di masyarakat dapat dijadikan bahan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Tulisan ilmiah ini ditulis dengan menggunakan metodologi Systematic Literature Review (SLR). SLR adalah metode untuk mengidentifikasi, meninjau, dan menyimpulkan beberapa penelitian tentang topik yang sedang dibahas. Artikel yang direview mencakup total 210 artikel tentang etnomatematika dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar yang dikumpulkan dari software database Perpusnas, Publish or Perish, Google Schoolar dan Scopus selama 10 tahun terakhir, untuk SLR digunakan 4 artikel. Hasil tinjauan pustaka menunjukkan bahwa etnomatematika merupakan disiplin ilmu yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa matematika etnis dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran terutama untuk anak di sekolah dasar. Banyak variasi budaya yang dapat direpresentasikan dalam etnomatematika, seperti permainan tradisional, bentuk bangunan, kuliner, dan aktivitas adat yang ada di desa. Dengan mengintegrasikan Etnomatematika ke dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang matematika, memperkuat identitas budaya, dan menghargai keberagaman budaya.