Research

  • Published Date: 21 Feb 2024
  • Modified Date: 21 Feb 2024

Pengaruh Teknik Slow Stroke Back Massage (Ssbm) Terhadap Penurunan Nyeri Kepala dan Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi Di Desa Batu Belah Wilayah Kerja Puskesmas Air Tiris Tahun 2023

By. Ners MUHAMMAD NURMAN S.Kep, M.Kep

Hipertensi merupakan suatu keadaan tingginya tekanan darah, arteri yang bersifat sistemik terjadi secara berkelanjutan dalam jangka waktu yang lama (Yanti, 2019)Menurut Septiari (2017) hipertensi merupakan suatu keadaan terjadinya peningkatan tekanan darah sistolik ?140 mmHg serta tekanan darah diastolik ?90 mmHg, perlu dilakukan setidaknya dua kali pemeriksaan tekanan darah pada kondisi yg berbeda untuk menentukan terjadi atau tidaknya hipertensi.

Lanjut usia (lansia) merupakan individu yang telah memasuki usia ?60 tahun. Lansia disebut juga sebagai fase akhir perkembangan pada siklus kehidupan manusia. Lansia mempunyai ciri-ciri yakni berumur ?60 tahun mempunyai masalah yang bervariasi mulai dari kondisi sehat sampai sakit serta kebutuhan bio-psiko-spiritualnya (Sya’diyah, 2018).

Berdasarkan studi-pendahuluan yang sudah dilakukan, oleh peneliti pada 10 orang lansia penderita hipertensi dengan keluhan nyeri kepala di Desa Batu-Belah,Wilayah Kerja Puskesmas Air Tiris, didapatkan 4 orang mengatakan mengkonsumsi obat analgesik untuk mengurangi nyeri kepala akibat hipertensi setiap harinya sedangkan 6 orang lainnya mengatakan tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan untuk menurunkan nyeri kepala yang diakibatkan oleh hipertensi. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan belum ada lansia penderita, hipertensi di-Desa Batu Belah Wilayah-Kerja Puskesmas Air Tiris yang mendapatkan terapi non farmakologis salah satunya menggunakan teknik slow stroke back massage untuk mengurangi rasa nyeri. Berdasarkan fenomena diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Teknik Slow Stroke Back Massage (SSBM) terhadap Penurunan Nyeri Kepala dan Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi di Desa Batu Belah Wilayah Kerja Puskesmas Air Tiris”.