Research

  • Published Date: 17 Jul 2024
  • Modified Date: 17 Jul 2024

KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

By. Dr. RAMDHAN WITARSA S.Pd, M.Pd

Kreativitas merupakan salah satu faktor penting keberhasilan seseorang dalam menjalani kehidupannya. Kreativitas siswa sekolah dasar masih tergolong rendah hingga saat ini. Riset ini bertujuan untuk menguji tingkat kreativitas siswa sekolah dasar kelas 6 setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi.  Penelitian tindakan kelas diadopsi sebagai metode riset. Metode ini termasuk jenis riset kuantitatif. Subjek riset berjumlah 40 siswa dengan rincian 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes kreativitas siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis perbandingan nilai rata-rata sederhana. Kreativitas siswa meningkat sebesar 30% melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Peningkatan kreativitas siswa tersebut terjadi pada pra siklus ke siklus 1 sebesar 20%, dan 10% peningkatan terjadi pada siklus 1 ke siklus 2. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang saat ini banyak diterapkan di sekolah dasar memberikan dampak positif terhadap terlaksananya kurikulum Merdeka dengan baik. Guru-guru di sekolah dasar juga merasakan manfaatnya secara signifikan.