Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Motivasi belajar siswa sekolah dasar dengan menerapkan pembelajaran STEAM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pahlawan berjumlah 13 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan Motivasi belajar siswa dari pratindakan ke siklus 1 sebesar 6,01%. Peningkatan Motivasi belajar siswa juga menunjukan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 20,43%. Peningkatan Motivasi belajar siswa secara keseluruhan sebesar 26,44%. Pembelajaran STEAM harus terus dilakukan untuk meningkatkan Motivasi belajar siswa sekolah dasar. Guru perlu pendampingan berkelanjutan agar dapat menerapkan model pembelajaran STEAM sesuai langkah-langkah yang disarankan.