Matematika yang timbul dan berkembang dalam masyarakat dan sesuai dengan
kebudayaan yang ada di sekitarnya, merupakan pusat proses pembelajaran dan
metode pengajaran. pembelajaran matematika dengan etnomatematika yang
memakai teknologi yang canggih atau modern sehingga tepat pada kurikulum saat
ini, selain itu proses pembelajaran akan menjadi menarik dan akan lebih mudah
juga untuk pendidik. Dengan begitu peserta didik akan lebih mudah memahami
materi yang diajarkan oleh pendidik. Tujuan penelitian ini adalah
mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terdapat pada busana Tari Pasombahan. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan
pendekatan etnografi dan dengan menggunakan
metode kajian pustaka dan eksplorasi. Metode kajian pustaka yaitu pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaah terhadap
buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan konsep matematika pada busana tari pasombahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah triangulasi teknik, yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada narasumber
yang sama. Berdasarkan konsep matematika yang ditemukan dalam Busana Tari
Pasombahan terdapat bangun datar (Segitiga, persegi panjang dan lingkaran) dan
bangun ruang (Balok, kubus, dan jajargenjang).