Research

  • Published Date: 04 Aug 2021
  • Modified Date: 04 Aug 2021

Analisis Keterampilan Bertanya Guru Sekolah Dasar pada Pembelajaran Berbasis Daring/E-Learning

By. IIS APRINAWATI S.Pd, M.Pd
  • Pembelajaran saat ini dimasa pandemi Covid-19, hampir semua kegiatan pembelajaran dilakukan tidak tatap muka tetapi menggunakan secara daring, hal ini dimaksudkan untuk mencegah penularan virus secara cepat dan berlebihan. Pembelajaran yang dilakukan secara daring ini tentunya membutuhkan perhatian yang lebih dari guru untuk membelajarkan siswa-siswanya. Untuk itu, seorang guru harus lebih fokus lagi dalam merancang proses pembelajaran tidak luput pula dalam keterampilan guru dalam proses pembelajaran mungkin agar siswa tidak mengalami kebosanan dalam belajar, mengingat siswa hanya duduk selama proses pembelajaran di depan laptop atau telepon seluler (HP).
Saat proses pembelajaran menggunakan daring tentunya banyak siswa yang banyak tidak memahami pada saat pemmbelajaran, Agar siswa semakin fokus dan termotivasi dalam belajar, setidaknya guru mempunyai keterampilan bertanya.  Pembelajaran secara daring didefinisikan sebagai pengalaman transfer pengetahuan menggunakan video, audio, gambar, komunikasi teks, perangkat lunak dan dengan dukungan jaringan internet. Ini merupakan modifikasi transfer pengetahuan melalui forum website dan tren teknologi digital sebagai ciri khas dari revolusi industry 4.0 untuk menunjang pembelajaran selama masa pandemi COVID-19.