Analisis Keterampilan Bertanya Guru Sekolah Dasar pada Pembelajaran Berbasis Daring/E-Learning
By. IIS APRINAWATI S.Pd, M.Pd
- Pembelajaran saat ini dimasa pandemi
Covid-19, hampir semua kegiatan pembelajaran dilakukan tidak tatap muka tetapi menggunakan
secara daring, hal ini dimaksudkan untuk mencegah penularan virus secara cepat
dan berlebihan. Pembelajaran yang dilakukan secara daring ini tentunya
membutuhkan perhatian yang lebih dari guru untuk membelajarkan siswa-siswanya.
Untuk itu, seorang guru harus lebih fokus lagi dalam merancang proses
pembelajaran tidak luput pula dalam keterampilan guru dalam proses pembelajaran
mungkin agar siswa tidak mengalami kebosanan dalam belajar, mengingat siswa
hanya duduk selama proses pembelajaran di depan laptop atau telepon seluler
(HP).
Saat proses pembelajaran menggunakan daring
tentunya banyak siswa yang banyak tidak memahami pada saat pemmbelajaran, Agar
siswa semakin fokus dan termotivasi dalam belajar, setidaknya guru mempunyai
keterampilan bertanya. Pembelajaran
secara daring didefinisikan sebagai pengalaman transfer pengetahuan menggunakan
video, audio, gambar, komunikasi teks, perangkat lunak dan dengan dukungan
jaringan internet. Ini merupakan modifikasi transfer pengetahuan melalui forum
website dan tren teknologi digital sebagai ciri khas dari revolusi industry 4.0
untuk menunjang pembelajaran selama masa pandemi COVID-19.