Research

  • Published Date: 29 May 2025
  • Modified Date: 29 May 2025

Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Sekolah Dasar Pahlawan

By. NURHASWINDA S.Pd.I, M.Pd

Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi esensial dalam pembelajaran matematika, khususnya di jenjang Sekolah Dasar. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan menyelesaikan soal matematika secara logis dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) di SD Pahlawan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes kemampuan berpikir kritis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model RME, ditandai dengan peningkatan skor rata-rata dari 62,5 pada pra-siklus menjadi 82,3 pada siklus kedua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model RME efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa SD, karena pembelajaran berbasis konteks nyata membantu siswa memahami konsep dengan lebih mendalam.