Research

  • Published Date: 04 Aug 2025
  • Modified Date: 04 Aug 2025

Peningkatan Mental Activities Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Take And Give Di Sekolah Dasar

By. MUFARIZUDDIN S.Pd, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aktivitas mental siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan dengan menggunakan media kartu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran di kelas V Semester Ganjil tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 10 orang subjek yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument soal tes dan dokumentasi vidio. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat peningkatan kemampuan aktivitas mental siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Data awal pratindakan ketuntasan belajar 10%, pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi  20%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 40% dan siklus II pertemuan I meningkat menjadi 60%, dan siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan model Take and Give dapat meningkatkan Kemampuan aktivitas mental Siswa Kelas V SDN 013 Kumantan.