Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aktivitas mental siswa Kelas V
Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan dengan menggunakan media kartu. Penelitian
ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran di
kelas V Semester Ganjil tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 10 orang subjek yang
terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument soal tes dan dokumentasi
vidio. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat peningkatan
kemampuan aktivitas mental siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA). Data awal pratindakan ketuntasan belajar 10%, pada siklus I pertemuan I
meningkat menjadi 20%, siklus I
pertemuan II meningkat menjadi 40% dan siklus II pertemuan I meningkat menjadi
60%, dan siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 80%. Dengan demikian
dapat disimpulkan dengan model Take and Give dapat meningkatkan
Kemampuan aktivitas mental Siswa Kelas V SDN 013 Kumantan.