Research

  • Published Date: 14 Aug 2025
  • Modified Date: 14 Aug 2025

ANALISIS COMMOGNITIVE PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH BANGKINANG

By. ZULFAH S.Pd, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses commognitive peserta didik dalam menyelesaikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) di kelas XI SMA Muhammadiyah Bangkinang. Pendekatan commognitive digunakan untuk mengkaji interaksi peserta didik dalam hal komunikasi matematika, cara berpikir, serta penggunaan simbol-simbol dalam menyelesaikan masalah yang disajikan dalam LKPD. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri dari sejumlah peserta didik kelas XI pada salah satu kelas di SMA Muhammadiyah Bangkinang yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen, yang kemudian dianalisis menggunakan kerangka commognitive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah telah memunculkan keempat komponen commognitive dalam menyelesaikan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL). Subjek kemampuan tinggi menggunakan istilah matematis dan non-matematis (word use), visual mediator ikonik dan simbolik, serta routine berupa rumus luas dan keliling persegi panjang, serta luas maksimum pada aplikasi turunan, dengan pendekatan ritual dan eksploratif. Narrative yang muncul mencerminkan pemahaman prosedur dan rumus yang digunakan. Subjek kemampuan sedang juga memunculkan keempat komponen commognitive, meskipun jumlah informasi dan word use lebih sedikit, dengan visual mediator dan routine serupa subjek kemampuan tinggi, serta narrative yang mencerminkan pemahaman yang cukup baik. Subjek kemampuan rendah juga memunculkan keempat komponen commognitive tetapi mengalami kesalahan pada langkah terakhir akibat salah konsep dalam aplikasi turunan, dengan narrative yang menunjukkan pemahaman terbatas pada langkah tertentu. Secara keseluruhan, LKPD berbasis PBL memberikan dampak positif terhadap proses komunikasi dan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah.