Research

  • Published Date: 06 Aug 2021
  • Modified Date: 06 Aug 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAAJAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS IV SDN 030 BAGAN JAYA

By. PUTRI HANA PEBRIANA S.Pd, M.Pd

Berdasarkan hasil analisis data, proses, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI  pada siklus I dan siklus II telah mencapai sasaran, yaitu adanya peningkatan haketerampilan membaca puisi  siswa kelas IV di SDN 030 Bagan Jaya, rata-rata siswa pada pratindakan adalah 40% secara klasikal dengan kategori sangat kurang. Pada siklus I sebesar  50% dengan kategori kurang, dan siklus II meningkat menjadi 80% dengan kategori baik (80%-89%). Implikasi keterampilan membaca puisi siswa menggunakan model SAVI menimbulkan akibat atau dampak dari hasil yang telah diperoleh dapat diterima dengan baik untuk peneliti maupun subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diajukan implikasi yang berguna dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa