Perilaku bullying
merupakan sebuah kondisi dimana terjadinya penyalah gunaan kekuatan atau
kekuasaan yang dilakukan secara berulang oleh satu siswa/siswi yang bersifat menyerang karna adanya ketidak seimbangan kekuatan antara pihak yang terlibat. Beberapa
faktor penyebab prilaku bullying
diantaranya kontrol diri dan pola asuh keluarga. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada siswa/siswi di SMA Negeri
2 Bangkinang Kota. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan
crosssectional. Sampel dalam penelitian
ini adalah sebagian siswa/siswi yang berada di SMA Negeri 2 Bangkinang Kota yang
berjumlah 80 orang dengan teknik pengambilan
sampel simple random sampling. Pengolahan
data menggnakan ujichi-square. Hasil penelitian di dapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan konrol diri p value = 0,000 dan pola asuh keluarga p value =
0,002 terhadap perilaku bullying pada siswa/siswi di SMA Negeri 2 Bangkinang Kota. Hasil peneliti mengharapkan agar dalam bergaul siswa lebih meningkatkan
kontrol diri sehingga dengan adanya kontrol diri siswa mampu mengatur
perilakunya agar terhindar dari perilaku yang menyimpang.