Research

  • Published Date: 12 Aug 2021
  • Modified Date: 12 Aug 2021

GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU LANSIA TERHADAP KESEHATAN DI DESA RANAH BARU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

By. Ners RIDHA HIDAYAT S.Kep, M.Kep

RINGKASAN

 

 

 

Lansia merupakatahaakhir siklus perkembangan manusia,  dan  semua orang berharap akan menjalani hidup masa tuanya dengan tenang, damai, serta menikmati masa pensiun bersama keluarga dengan penuh kasih sayang. Masalah yang terjadi pada lansia diantara lain sakit gigi 2,48%, diare 3,05%, asma 11,09%, panas 17,83%, sakit kepala 19,52%, pilek 21,52%, batuk 33,89% dan lainnya 63,68%  keluhan kesehatan lansia yang paling tinggi adalah keluhan yang merupakan efek dari penyakit kronis seperti asam urat, darah tinggi, rematik, darah rendah dan diabetes. (Kemenkes, 2013)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap dan prilaku lansia terhadap kesehatannya di desa   Ranah baru kecamatan Kampar kabupeten Kampar

Desain  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  kuantitatif,  dengan pendekatan survey  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan, sikap dan prilaku lansia terhadap kesehatan di Desa Ranah baru kecamatan Kampar kabupeten Kampar

Pengetahuan  lansia  yang  di  desa  Ranah baru  kecamatan Kampar kabupaten Kampar hasil pengetahuan yang didapatkan tinggi sebanyak 115 orang (76,7%), Sikap lansia terhadap kesehatan di desa Ranah baru kecamatan Kampar  kabupaten Kampar mayoritas baik yaitu sebanyak 121 orang (80,7%). Perilaku lansia terhadap kesehatan di desa Ranah baru kecamatan Kampar kabupaten Kampar. Lebih dari setengah responden yang memiliki perilaku yang baik sebanyak 114 orang (76 %).

Lansia di desa Ranah baru kecamatan Kampar kabupaten Kampar sebagian besar menunjukkan pengetahuan yang tinggi  terhadap kesehatan yakni banyak 115 orang (76,7%). Lansia di Desa Ranah baru kecamatan Kampar kabupaten Kampar sebagian besar menunjukkan sikap yang baik terhadap kesehatan yakni sebanyak 121 orang (80,7%). Hal tersebut dikarenakan, lansia selalu melaksanakan anjuran dari petugas kesehatan.

Lansia di Desa Ranah baru kecamatan Kampar kabupaten Kampar sebagian besar menunjukkan perilaku yang baik terhadap kesehatan yakni sebanyak 114 orang (76%). Hal tersebut dikarenakan lansia aktif mengikuti posyandu setiap bulannya.

Diharapkan lebih ditingkatkan lagi bagi petugas kesehatan untuk memberikan informasi bagi lansia mengenai kesehatan dan kunjungan rumah / home care kepada lansia.