Submision Description

  • Published Date: 12 Jul 2021
  • Modified Date: 12 Jul 2021
Download

PENYULUHAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA UKM(USAHA KECIL MENENGAH) DI MASA PANDEMI COVID 19

By. NOVI YONA SIDRATUL MUNTI S.Kom, M.Kom

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan satu Mitra yaitu Kelompok
UKM Mitra ini bertempat di Desa Rantau Merangin, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar
atau berjarak sekitar 10,5 km dari UNIV Pahlawan. Kelompok ini memiliki aneka usaha, antara
lain aneka kuliner ,pakaian, laundry, kesehatan dan kerajinan. Namun,Dengan masa Pandemi
Covid 19 yang terjadi sekarang membuat kurangnya promosi dan penjualan produk yang masih
dilakukan secara tradisional serta kemampuan manajemen atau pengelolaan yang kurang
profesional, hal tersebut yang menyebabkan beberapa UKM di Desa Rantau Merangin kurang
berkembang bahkan beberapa diantaranya gulung tikar. Ada lagi yang karena tetap ingin
memperoleh pendapatan tetap menjualnya kepada pedagang besar tanpa merk, sehingga banyak
yang produknya diakui sebagai produk orang lain. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada
masyarakat ini adalah untuk menerapkan e-commerce terhadap penjualan aneka produk UKM
yang ada di Desa Merangin dengan maksud mengenalkan dan meningkatkan omset penjualannya,
sedangkan metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode parsitipatif, penyuluhan,
pendampingan dan pelatihan. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pengabdian kepada
masyarakat ini yaitu dengan adanya bantuan pelatihan dan aplikasi e-commerce dapat
meningkatkan motivasi bagi mitra untuk melaksanakan pemasaran terhadap produknya supaya
omsetnya meningkat selama Pandemi Covid 19.