Kurangnya
pengalaman mengajar merupakan salah satu permasalahan yang muncul di SD
Pahlawan, hal ini disebabkan karena guru yang mengajar di sekolah tersebut
merupakan tamatan baru dari prodi PGSD Universitas Pahlawan. Walau
secara teori guru di SD Pahlawan menguasai tentang ilmu mendidik. Pada proses
pembelajaran, guru kurang teliti dalam Perlakuan pada siswa dan masih kurang
paham tentang Deskriptif tentang perlakuan Guru terhadap Siswa, sehingga
ada kebutuhan kreatifitas fisik siswa yang belum tervasilitasi oleh guru. Hal
ini harus segera dicarikan solusi agar Deskriptif tentang perlakuan Guru
terhadap Siswa dapat seimbang secara fisik maupun mental. Peningkatan kemampuan
guru melalui pelatihan sangat dilakukan, namun SD Pahlawan masih terkendala
dalam hal mendatangkan pakar pendidikan untuk memberikan pelatihan. Berdasarkan
kondisi tersebut, kami sebagai dosen prodi PGSD Universitas Pahlawan Tuanku
Tambusai merasa turut bertanggungjawab dalam meningkatkan kemampuan profesional
guru dalam menggunakan Studi Deskriptif tentang perlakuan Guru terhadap Siswa
di Sekolah Dasar Pahlawan dengan melalui pelatihan agar guru memperoleh
pengalaman secara langsung untuk membelajarkan siswa.