Submision Description

  • Published Date: 08 Aug 2021
  • Modified Date: 08 Aug 2021
Download

PKM PETANI IKAN LELE DI BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

By. SYAFRIANI S.KM, M.Kes

RINGKASAN

Kabupaten Kampar merupakan salah satu penghasil ikan terbesar di Propinsi Riau.Sebagai daerah penghasil ikan salah satunya yaitu ikan lele.Ikan lele sangat mudah didapat dengan harga yang relatif murah, sehingga dapat menjadi potensi dalam pengembangan kegiatan menjadi produk yang bervariasi dan bernilai tinggi. Dilihat dari manfaatnya, ikan lele merupakan jenis makanan yang sehat yang rendah kalori, sumber protein lengkap, sumber vitamin B12, dan mengandung asam lemak sehat yang baik dikonsumsi oleh segala usia.

Tujuan untuk kegiatan ini adalah untuk membantu petani ikan lele dalam meningkatkan jual beli ikan lele yang dihasilkan dengan mengolah ikan lele menjadi nugget, dan lele pop.Pengolahan ikan lele diharapkan dapat meningkatkan perekonomian petani lele karna selama ini ikan lele hanya dijual dalam keadaan mentah kepada pengepul atau pembeli langsung dengan harga murah, sedangkan harga bibit dan pakan tinggi. Pengemasan dan pemasaran produk olahan ikan lele dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan petani ikan lele.

Ada beberapa kendala yang dihadapi mitra yaitu (1).Pengadaan pakan, hal ini disebabkan karena harga pakan yang terus meningkat, sehingga memberatkan petani untuk membeli pakan ikan.Tingginya harga pakan menyebabkan tingginya harga produksi, sedangkan daya jual ikan lele rendah.Hal ini menyebabkan sedikitnya keuntungan yang diperoleh petani ikan lele. (2). Keterbatasan modal. (3). Rendahnya motivasi petani lele untuk wirausaha dengan bahan pokok lele. (4). Tidak adanya keanekaragaman produk olahan ikan lele. (5). Tidak adanya kemasan dan pemasaran ikan lele.

Kegiatan yang akan dilakukan pada program PKM ini ada beberapa upaya pengembangan, antara lain: 1. Memberikan motivasi kepada petani ikan lele untuk berwirausaha. 2. Pelatihan atau praktek pembuatan variasi produksi ikan lele, hal ini dilakukan mengingat ikan lele segar yang sangat melimpah di Kabupaten Kampar, namun pengolahannya masih sangat kurang. Varian yang produk yang ditambahlan adalah nugget dan lele pop. 3. Packing atau pengemasan  produk. Produk akan dikemas dengan pengemasan lebih menarik. 5. Perubahan strategis pemasaran. Ikan lele biasanya dijual pengepul atau langsung kepasar tradisional yang ada disekitar daerah Kabupaten Kampar. Produk olahan ikan lele ini akan dijual ke warung, toko atau supermarket, dan pemberian label agar kelihatan menarik.

Kata kunci : Nugget, lele pop, pemasaran