Submision Description

  • Published Date: 10 Aug 2021
  • Modified Date: 10 Aug 2021
Download

PKM Meningkatkan Pengetahuan Ibu tentang Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) melalui Penyuluhan Kesehatan di Desa Bukit Kratai Kabupaten Kampar

By. MILDA HASTUTY S.ST, M.Kes

MP ASI adalah makanan atau minuman yang mengandung zat gizi yang diberikan kepada bayi atau anak yang berusia lebih dari 6 bulan guna memenuhi kebutuhan zat gizi selain dari ASI. Hal ini dikarenkan ASI hanya mampu memenuhi duapertiga kebutuhan bayi pada usia 6-9 bulan, dan pada usia 9-12 bulan memenuhi setengah dari kebutuhan bayi.

Dalam pemberian MP-ASI perlu diperhatikan adalah usia pemberian MP-ASI, jenis MP-ASI, frekuensi dalam pemberian MP-ASI, porsi pemberian MP-ASI dan cara pemberian MP-ASI pada tahap awal. Pemberian MP-ASI yang tepat diharapkan tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi, namun juga meransang keterampilan makan dan merangsang rasa percaya diri bayi. Pemberian makanan tambahan harus bervariasi, dari bentuk bubuk cair kebentuk bubur kental, sari buah, buah segar, makanan lumak, makanan lembek dan akhirnya makanan padat.

Cakupan ASI eksklusif Provinsi Riau 35,01% dan masih sangat jauh dari target nasional, dan dari 12 kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Riau, Kabupaten kampar salah satu yang terendah yaitu 28,18%. Apabila masalah ini terus berlanjut maka akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan balita pada daerah tersebut.

Untuk mancapai tumbuh kembang optimal, WHO/Unicef merekomendasikan tiga hal penting yang harus dilakukan yaitu: pertama memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi segera dalam waktu 30 menit setelah bayi lahir. Kedua memberikan hanya Air Susu Ibu (ASI) sajaatau pemberian ASI secara eksklusif sejak lahir sampai bayi berusia 6 bulan, ketiga memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) sejak bayi berusia 6 bulan sampai 24 bulan.