Submision Description

  • Published Date: 12 Aug 2021
  • Modified Date: 12 Aug 2021
Download

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TENTANG TANAMAN OBAT KELUARGA DI DESA TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

By. Ners RIDHA HIDAYAT S.Kep, M.Kep

Desa  Tanjunberulak  adalah  desa  yang  tertua  didaerah  Kecamatan Kampar yang dahulunya berpusat di pasar Usang, dan setiap tahun jumlah penduduk bertambah sehingga pada tahun 2004 terjadilah pemekaran yang sekarang namanya Desa Naumbai dan Desa Limau Manis, desa ini merupakan desa defenitif dibawah pengelolaan pemerintah daerah Kabupaten Kampar  yang terletak di Kecamatan  Kampar, dengan luawilayah  1500 Ha.  Desa Tanjung Berulak   ini berjarak dengan Ibu kota Kecamatan Kampar (Airtiris)   ± 2,5 Km dengan jalan darat ± 8 Km dari Ibu kota Kabupaten kampar (Bangkinang) dan ± 52 Km dari Ibu Kota Provinsi Riau (Pekanbaru).

Desa  Tanjung  Berulak  terdiri  dari  4  dusun  diantaranya  dusun  pasar Usang, dusun II Tanjung Berulak, dusun III Kampung Tengah dan dusun IV Tanjung Indah Sei. Putih dan mempunyai 9 RW (rukun warga) RT (rukun tetangga) 18.

Umumnya masyarakat di wilayah tersebut masih memiliki lahan pekarangan yang cukup luas, sehingga pemanfaatan dan pengelolaan lingkungan dapat dioptimalkan  dengan  penanaman  Tanaman Obat Keluarga ( TOGA ).  Berdasarkan  observasi di   lapanga diketahui bahwa  beberapa  ibu  rumah  tangga  telah  menanam     TOGA,  namun demikian jumlah TOGA yang ditanam jumlahnya terbatas. Sebagian dari mereka telah mengetahui khasiat TOGA dan secara teknis juga telah mampu mengolah TOGA, namun demikian   mereka belu memahami   khasia TOGA   secara   ilmiah.   Ole karena   it perlu dilakukan pelatihan tentang khasiat TOGA secara ilmiah. Masyarakat yang telah memiliki pengetahuan tentang khasiat TOGA dan menguasai cara pengolahannya dapat membudidayakan tanaman obat secara individual dan memanfaatkannya sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.