Submision Description

  • Published Date: 23 Aug 2021
  • Modified Date: 23 Aug 2021
Download

Pemanfaatan WhatsApp dalam Pembelajaran Online dimasa Pandemi Covid 19 di MTs. Alhutsaimin

By. LUSI MARLENI S.Pd, M.Pd

Masa pandemi covid 19 memberikan situasi yang sangat berbeda dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan secara online. Pembelajaran online yang dilaksanakan oleh guru di sekolah tidaklah memanfaatkan media online sebagai media pembelajaran secara efektif. Guru memberikan tugas secara online setiap hari, tugas tersebut harus dikerjakan siswa, dan dikumpulkan ke sekolah oleh orang tua siswa setiap minggu. Hal ini terkesan bahwa guru hanya memberikan tugas dan siswa belajar dengan didampingi oleh orang tua.

Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran online bagi tenaga pengajar. WhatsApp salah satu media sosial merupakan aplikasi yang digunakan dalam komunikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kesulitan mendapatkan jaringan internet yang baik memaksa guru harus memilih aplikasi WhatsApp yang mudah digunakan dan digunakan oleh banyak orang tua siswa.

Pelatihan pemanfaatan media sosial; WhatsApp dalam proses belajar dan mengajar bagi guru diharapkan mampu memberikan pengalaman pembelajaran bagi siswa yang harus didampingi oleh orang tua di MtS AlHutsaimin