Submision Description

  • Published Date: 06 Sep 2021
  • Modified Date: 06 Sep 2021
Download

PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PENJUALAN KERIPIK SINGKONG DI DESA PULAU JAMBU KEC.KAMPAR

By. Ners MUHAMMAD NURMAN S.Kep, M.Kep

Kabupaten Kampar adalah termasuk Kabupaten terbesar di Provinsi Riau. Di Kabupaten Kampar ini pula, terdapat industri-industri besar penghasil kelapa sawit, karet dan lain-lain. Sedikitnya wisata alam di daerah Kabupaten Kampar, mendorong pemerintah daerah untuk mengangkat potensi wisata lain yang dapat menjadi daya tarik bagi para pendatang. Keberadaan industri- industri skala besar di Kampar ini menyebabkan laju pertumbuhan ekonomi di wilayah ini juga meningka sanga pesat.   Sebaga daerah   yan minim   wisata   alam,   maka   Kabupaten Kampar khusunya Kecamatan Kampar menyuguhkan berbagai keunikan lain untuk dinikmati para pendatang, salah satunya adalah wisata kuliner berupa penganan khas sebagai oleh-oleh.

Salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Kampar khususnya Kecamatan Kampar Tepatnya di Desa Pulau Jambu yang juga dikembangkan secara kelompok adalah keripik Singkong Berkah. Nama keripik ini diberikan oleh Kepala Desa Pulau Jambu pada keripik olahan kelompok kreatif yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB). Keripik Singkong Berkah sebagai salah satu produk unggulan daerah setempat. Usaha kecil dan menengah pembuatan keripik Singkong ini terletak di Desa Pulau Jambu Kecamatan Kampar. Jarak tempat usaha ke kampus Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai adalah sekitar 30 menit perjalanan. Keterbatasan peralatan menyebabkan proses produksi usaha ini tidak efisien dan kuantitas serta kualitasnya menjadi rendah. Pemasaran yang sangat terbatas juga menjadi kendala sehingga usaha ini masih belum bisa memberikan penghasilan yang maksimal bagi para anggotanya. Manajemen usaha yang masih sederhana dengan pembukuan yang seadanya memerlukan peningkatan agar usaha dapat berjalan lebih baik dan pencatatan keuangan bisa benar-benar merepresentasikan keuntungan yang diperolah. Penentuan harga jual yang masih dengan perkiraan perlu dihitung secara baik agar mendapatkan harga yang tepat dengan keuntungan yang maksimal sehingga usaha ini akan dapat terus berjalan.

Tujuan dari program PKM ini adalah membantu mencarikan solusi bagi Mitra terhadap segala permasalahan yang dihadapi sehingga mereka tetap bisa mendiri secara ekonomi. Para ibu pembuat keripik ini juga dapat menjadi contoh dan inspirasi   bagi masyarakat sekitar untuk berwirausaha dan mandiri secara ekonomi.

Kata kunci : Keripik; PKM; produksi, pemasaran; manajemen usaha