Submision Description

  • Published Date: 30 Mar 2022
  • Modified Date: 30 Mar 2022
Download

PENYULUHAN POTENSI HASIL SAMPING KELAPA SAWIT SEBAGAI SUMBER PAKAN BERKUALITAS KEPADA PETUGAS TEKNIS LAPANGAN PETERNAKAN, DINAS PERKEBUNAN, PETERNAKAN, DAN KESEHATAN HEWAN KABUPATEN KAMPAR

By. HARFINA RAIS S.Pt, M.Si

Kab. Kampar merupakan salah satu Kab. Di Provinsi Riau dengan perkebunan kelapa sawit yang luas. Hal ini megakbatkan tinggi pula hasil samping dari perkebunan dan pengolahan sawit. Hasil samping kelapa sawit sangat berpotensi untuk dijadikan pakan, terutama pakan ruminansia. Tingginya potensi hasil samping sawit baik berupa produksi ataupun kualitas nutrient kurang diimbang dengan pengetahuan masyarakat untuk memanfaatkan hal tersebut. Sehingga pemnafaatan hasil samping ini masih belum optimal.

Pengabdian masyarakat “Penyuluhan Potensi Hasil Samping Kelapa Sawit Sebagai Sumber Pakan Berkualitas” mampu meningkatkan pengetahuan tim pelaksana teknis lapangan bidang Peternakan Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Kab. Kampar. Peningkatan pengetahuan bagi peserta penyuluhan tentang Potensi Hasil Samping Kelapa Sawit Sebagai Sumber Pakan Berkualitas dilakukan dengan metode ceramah dan diskusiPemanfaatan hasil samping perkebunan dan pengolahan kelapa sawit diharapkan meningkat dengan adanya peningkatan pengetahuan tim pelaksana teknis lapangan terkait hal tersebut.