Submision Description

  • Published Date: 14 Oct 2021
  • Modified Date: 14 Oct 2021
Download

Pengembangan Usaha Sirih di Kuok Kabupaten kampar

By. AFIAH S.ST, M.KM

Produksi daun sirih di Provinsi Riau mengalami peningkatan dari tahun ketahun disertai dengan jumlah penanaman yang juga meningkat. Tahun 2010  dengan produktivitas 2 ton, sedangkan pada tahun 2011 dengan produktifitas 4 ton.

Dengan penghasil daun sirih di Provinsi Riau meliputi 10 kabupaten/ kota yaitu Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, Siak, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Pekanbaru dan Dumai. (BPS Provinsi Riau, 2011).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menggali ide-ide inovatif, meningkatkan kreatifitas, menanamkan jiwa berwirausaha, melatih mental dan mengajarkan untuk bekerja keras dan bertanggung jawab.Selain itu, tujuan lainnya yaitu untuk mengurangi limbah yang dihasilkan dengan mengolahnya menjadi keripik daun sirih, dan permen daun sirih.

Ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu (1) Keterbatasan modal. (2) Rendahnya motivasi untuk wirausaha dengan bahan pokok daun sirih. (3) Tidak adanya keanekaragaman produk olahan daun sirih. (4) Tidak adanya kemasan dan pemasaran daun sirih. Kegiatan yang akan dilakukan pada program PKM ini ada beberapa upaya pengembangan antara lain keripik sirih dan permen sirih.