Submision Description

  • Published Date: 19 Oct 2021
  • Modified Date: 19 Oct 2021
Download

Pemeriksaan Status Gizi dan Edukasi Gizi Seimbang di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa S1 Gizi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

By. EKA ROSHIFITA RIZQI S.Gz, M.P.H

Penting bagi mahasiswa untuk menjaga pola makan gizi seimbang agar sistem kekebalan tubuh terjaga dengan baik di masa pandemic COVID-19. Namun berdasarkan hasil survey pada mahasiswa S1 Gizi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai di masa pandemic COVID-19 diketahui bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan masih kurang. Perilaku makan yang salah akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang menurun dapat mengakibatkan infeksi yang secara tidak langsung merupakan penyebab permasalahan gizi.

Metode  pengabdian  yaitu  model  Community  development,  model sosialisasi dan pendampingan. Pengabdian dilaksanakan di lingkungan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, dengan hasil: 1) Antusias mitra terhadap layanan pemeriksaan status gizi kepada mahasiswa S1 Gizi. 2) Meningkatnya pengetahuan mahasiswa S1 Gizi mengenai gizi seimbang untuk pencegahan COVID-19.

Kesimpulan pengabdian ini tingginya antusias mitra terhadap layanan pemeriksaan status gizi dan meningkatnya pengetahuan mahasiswa tentang gizi seimbang untuk pencegahan COVID-19. Disarankan kepada Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai untuk menyelenggarakan edukasi gizi seimbang untuk pencegahan COVID-19 tidak hanya pada mahasiswa S1 Gizi saja tetapi kepada semua bagian Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.