Submision Description

  • Published Date: 25 Jan 2022
  • Modified Date: 25 Jan 2022
Download

SOSIALISASI EFEK PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA DINI

By. DEDDY GUSMAN S.Kom, M.T.I

Pernyataan tersebut pernah terlontar dari seorang mahasiswa S3 sekaligus dosen di salah satu kampus negeri di Indonesia dalam diskusi perkuliahannya. Hal ini merupakan bentuk sikap meremehkan bahasa Indonesia dalam lingkup akademik. Tidak sedikit pemakai bahasa Indonesia berdalih bahwa berbahasa itu yang terpenting adalah lawan berbicara dapat memahami informasi yang disampaikan dan tidak harus menggunakan bahasa yang baik dan benar sebagaimana yang diatur dalam kaidah bahasa Indonesia (Marsudi, et.al.,:2013). Padahal, sebagai seorang yang berpendidikan, seharusnya sudah mengetahui bahwa sebagaimana tercantum dalam UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS, Bab VII, Pasal 33 ayat 1 yang berbunyi ’’Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara menjadi bahasa pengantar dalam pendidikan nasional’’. Berkenaan dengan itu, bahasa Indonesia sangat fundamental dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (Suwignyo dan Santoso, 2008:3; Kurniawan, 2012:19). Dengan bahasa Indonesia, konsep  keilmuan dan kreativitas budaya dapat dibentangkan.