Submision Description

  • Published Date: 27 Jan 2022
  • Modified Date: 27 Jan 2022
Download

PKM PETANI PISANG DI KAMPAR

By. SYAFRIANI S.KM, M.Kes

ABSTRAK

Kabupaten Kampar merupakan salah satu penghasil pisang di Propinsi Riau. Sebagai penghasil pisang yang yang sangat luas pisang yang ditanampun banyak jenisnya seperti: pisang raja, pisang batu, pisang bantan, pisang lidi dan sebagainya. Pisang sangat mudah didapat dengan harga yang lebih murah, sehingga berptensi dalam pengembangan kegiatan menjadi produk bebagai variasi dan bernilai jual tinggi. Pisang ini sangat banyak manfaatnya, pisang merupakan jenis makanan sehat dan enak yang mengandung serat, antioksidan dan juga banya mengandung Vitamin C, Vitamin B6, karbohidrat dan protein yang baik untuk dikonsumsi bagi siapapun. Pisang sebagai sumber penting serat yang berfungsi membantu system pencernaan dan bagus untuk diet.

Tujuan untuk kegiatan ini adalah untuk membantu petani pisang dalam meningkatkan jual beli pisang yang di hasilkan dengan mengolah pisang menjadi produk makanan yang sehat, enak, dan menarik sehingga bisa menarik konsumen untuk membelinya. Olahan yang dihasilkan seperti sate pisang, sigho pisang dan sanok pisang. Pengolahan pisang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian petani pisang karena selama ini pisang hanya dijual murah kepada pengepul ataupun pedagang dengan harga yang sangat murah dan mendapat sedikit keuntungan dari hasil panennya.

Kendala yang dihadapi petani pisang adalah Penggunaan IPTEKS dalam segi produksi pisang dengan menggunakan Blender, jual beli pisang tidak sebanding dengan keuntungan yang diperoleh karena pengepul maupun pedagang memberikan harga yang murah kepada petani, rendahnya motivasi petani dalam olahan pisang.

Kegiatan yang akan dilakukan pada Program Kemitraan Masyarakat ini ada beberapa upaya dengan pengembangan yaitu : 1. Penggunaan IPTEKS dalam segi produksi pisang, yang bertujuan untuk memudahkan petani dalam melakaukan usahanya, 2.  memberikan motivasi kepada petani pisang untuk berwirausaha, 3. Pelatihan /praktek pembuatan produk dari hasil pisang karena sangat banyak produk yang bisa dibuat dari pisang itu sendiri varian produk yang dibuat adalah sate pisang, sigho pisang, sanok pisang,  4. Packing/pengemasan produk hingga siap di jual, 5. Strategi penjualan dengan menjual hasil pisang ke pengepul atau langsung ke pasar tradisional di kabupaten Kampar. Dan produk olahan dari pisang akan di jual ke warung, atau membuka lapak, di internet.

Kata kunci: Sate pisang, Sanok pisang, dan Sigho pisang