Kegiatan pembelajaran yang
masih bersifat konvensional atau yang biasa dikenal
dengan
istilah “Catat buku sampai
habis”
akan berdampak pada
kebosanan
siswa dan pemahaman konsep dasar yang
sangat kurang. Sentuhan
teknologi yang
masih sangat kurang
membuat guru dan sekolah kurang kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran atau
proses belajar mengajar yang
masih tradisional. Permasalahan yang ditemukan adalah
kurangnya kemampuan guru
dalam memvisualisasikan objek matematika menggunakan IT atau software matematika. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Pelatihan
pemanfaatan software matematika dan pemanfaatan
media alternatif membantu guru
dalam melakukan visualisasi
terhadap objek matematika baik dalam pemahaman konsep maupun penemuan rumus. Tahapan kegiatan yang sudah
dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah
pengenalan software matematika yaitu geogebra
dalam pembelajaran
dan pelatihan penggunaan/pemanfaatan software dalam pembelajaran matematika.
Rencana selanjutnya adalah pendampingan
guru/peserta pelatihan dalam mendesain perangkat pembelajaran menggunakan
software yang sudah diberikan
melalaui kegiatan pelatihan