Submision Description

  • Published Date: 19 Mar 2022
  • Modified Date: 19 Mar 2022
Download

PKM Tentang Pemanfaatan Air nira (Aren) dalam pembuatan kopi aren dan teh aren di desa Naumbai kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tahun 2022

By. Ners RIDHA HIDAYAT S.Kep, M.Kep

RINGKASAN

 

 

Tumbuhan Aren (Arenga pinnata Merr) merupakan tumbuhan tahunan dengan memiliki banyak manfaat antara lain berperan dalam konservasi lahan dan air, penghasil ijuk, bahan bangunan, dan bahan makanan. Salah satu bahan makanan yang dapat dihasilkan oleh aren adalah nira. Pohon aren adalah salah satu jenis tumbuhan palma yang memproduksi buah, nira dan pati atau tepung di dalam batang. Hasil produksi aren ini semuanya dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi. Akan tetapi hasil produksi aren yang banyak diusahakan oleh masyarakat adalah nira. Di samping dapat memenuhi kebutuhan konsumsi di dalam negeri atas produk-produk yang berasal dari pohon aren, dapat juga meningkatkan penyerapan tenaga kerja, penghasilan petani, pendapatan negara, dan dapat pula melestarikan sumberdaya alam serta lingkungan hidup Melalui pelatihan dan pendampingan Tim PKM-M melakukan sosialisasi kepada para pengrajin aren. Para pengrajin aren diberikan pembelajaran tentang pemanfaatan air nira (aren) menjadi berbagai inovasi seperti es susu aren, kopi aren dan teh aren. Perbanyakan tanaman dilakukan dengan tujuan untuk dapat menjadi sumber penghasilan  baru bagi para pengrajin aren di Desa Naumbai.

 Setelah seluruh kegiatan dilakasanakan maka perlu evaluasi untuk melihat apakah program sudah berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Diharapkan pengrajin aren dapat melanjutkan program ini sehingga air nira dapat diproduksi secara berkelanjutan. Diharapkan kepada masyarakat agar mampu membuat tata cara pembuatan  es kopi aren, dan teh aren sebagai kegiatan pendamping bagi masayarakat dalam meningkat perekonomian dibidang UMKM sehingga berhasil guna dan berdaya guna untuk masyarakat.