Submision Description

  • Published Date: 26 Mar 2022
  • Modified Date: 26 Mar 2022
Download

PELATIHAN PEMBUATAN FODDER JAGUNG SEBAGAI ALTERNATIF PAKAN DI MASA PANDEMI

By. MAULINA NOVITA S.Pt, M.Si

Munculnya pandemi Corona Virus Disease pada tahun 2019 (COVID-19) juga turut berpengaruh terhadap sektor logistik dan penyediaan pakan ternak. Hal tersebut semakin membuktikan bahwa sub sektor penyediaan pakan ternak adalah rantai produksi yang rentan terhadap berbagai kondisi pandemi global.

SMK Negeri 1 Kuok merupakan satu-satunya sekolah menengah kejuruan yang memiliki jurusan peternakan di Kabupaten Kampar. Salah satu tujuan dari pendidikan SMK adalah lulusannya dapat langsung terjun di dunia kerja ataupun dapat menjalankan usaha sendiri mulai dari skala kecil. Selain itu, sebagai lulusan SMK jurusan peternakan diharapkan para alumni dapat memberikan solusi permasalahan bidang peternakan yang muncul di masyarakat. Permasalahan terupdate adalah bagaimana mengatasi keterbatasan pakan berkualitas.

Salah satu alternatif yang dapat diterapkan yaitu pembuatan hidroponik fodder dengan menumbuhkan tanaman biji-bijian, yang dipelihara dengan kurun waktu kurang lebih 2 minggu yang dapat digunakan sebagai pakan ruminansia. Permasalahan hijauan di lahan terbatas mampu teratasi dengan hidroponik fodder, memiliki kecernaan tinggi dan ramah lingkungan.

Pelatihan pembuatan fodder jagung yang akan dilakukan kepada siswa SMK Negeri 1 Kuok diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menyediakan pakan berkualitas dalam waktu singkat, yang nantinya dapat mereka terapkan ketika melakukan usaha peternakan sendiri ataupun saat mereka nanti terjun di masyarakat.

Pelatihan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang penerapan hidroponik fodder, di SMK Negeri 1 Kuok Kabupaten Kampar mampu diterima secara baik dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa SMK Negeri 1 Kuok yang keluarganya bekerja sebagai peternak.