Perkembangan
teknologi yang pesat membuka peluang dan jalan baru dalam mengerjakan banyak
hal, termasuk untuk mengembangkan dunia pendidikan.Saat ini telah banyak
berkembang berbagai teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dunia
pendidikan, termasuk untuk menunjang pembelajaran matematika, yakni sebagai
media pembelajaran matematika, salah satu media pembelajaran yang saat ini
telah berkembang demikian pesat adalah komputer dengan berbagai program-program
yang relevan. Salah satu program komputer yang dapat dimanfaatkan sebagai media
pembelajaran matematika adalah program maple. Dengan beragam
fasiltas yang dimiliki, penggunaan
software maple dalam pembelajara matematika pada materi integral dapat
dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika untuk mendemonstrasikan atau
memvisualisasikan konsep-konsep matematis serta sebagai alat bantu untuk
mengkonstruksi konsep-konsep matematis. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penggunaan software maple dalam pembelajaran matematika
pada materi integral.
Adapun
masalah yang dihadapi mitra adalah beberapa guru matematika di sekolah tersebut
adalah: 1) Mitra masih kesulitan dalam
membuat media visual yang melibatkan materi integral karena keterbatasan penguasan software yang
relevan, 2) Mitra masih mengalami kesulitan dalam membuat bahan ajar terutama
yang berkaitan dengan materi integral, 3) Mitra masih mengalami kesulitan dalam
instrumen penilaian matematika terutama yang berkaitan dengan materi integral,
4) Kurangnya media pendukung yang dimiliki guru maupun sekolah untuk
pengembangan kualitas pembelajaran di sekolah dan 5) pemanfaatan
komputer dalam pembelajaran baru pada sebatas penggunaan powerpoint. Penggunaan
ini pun masih sangat minim kuantitasnya sehingga mitra lebih nyaman mengajar
hanya dengan menggunakan spidol dan papan tulis.
Dalam
rangka melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan serta membantu
memvisualisasikan konsep-konsep matematis, kepada mitra akan diberikan solusi berupa pelatihan pembelajaran dengan
menggunakan software maple dalam pembelajaran matematika pada materi integral, yang
didalamnya mencakup pula pembelajaran matematika untuk siswa SMK Negeri 5 Jl.
Yos Sudarso, Muara Fajar, Kec. Rumbai. Selain itu dilakukan pendampingan kepada mitra, agar
upaya melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan
dapat terwujud dan berjalan dengan baik.
Luaran
yang diharapkan dapat terwujud dari kegiatan ini adalah: (1) Merancang
pembelajaran matematika menggunakan maple, (2) Penggunaan maple sebagai
media dalam pembelajaran matematika, dan (3) Peningkatan kompetensi guru
matematika SMK Negeri 5 Jl.
Yos Sudarso, Muara Fajar, Rumbai dalam pembelajaran menggunakan maple materi integral.