Maple merupakan paket aplikasi matematika yang dapat digunakan untuk melakukan
berbagai perhitungan matermatis baik secara eksak (analitik) maupun numerik. Dengan
kemampuan yang dimiliki, Maple merupakan sebuah alat bantu yang handal untuk pemecahan
masalah matematika, baik masalah komputasi numerik, aljabar simbolik, maupun visualisasi
(grafik). Sesungguhnya, Maple tidak hanya berguna untuk melakukan perhitungan matematis
saja, namun juga dapat digunakan sebagai editor teks untuk menghasilkan dokumen yang
memuat penjelasan atau uraian verbal dan berbagai perhitungan matematis. Dengan kemampuan
visualisasi matematis interaktif, sebuah antarmuka grafis tempat menuliskan masukan dan
menampilkan keluaran yang menyerupai notasi matematika yang sesungguhnya, fasilitas
pengolahan kata, dan bahasa pemrograman, Maple telah digunakan oleh jutaan pemakai di
seluruh dunia di kalangan pendidikan, lembaga riset, dan industri.
Adapun masalah yang dihadapi mitra adalah beberapa guru matematika di sekolah
tersebut adalah: 1) Mitra masih kesulitan dalam membuat media visual yang melibatkan materi
Aljabar karena keterbatasan penguasan software yang relevan, 2) Mitra masih mengalami
kesulitan dalam membuat bahan ajar terutama yang berkaitan dengan materi Aljabar, 3) Mitra
masih mengalami kesulitan dalam instrumen penilaian matematika terutama yang berkaitan
dengan materi Aljabar, 4) Kurangnya media pendukung yang dimiliki guru maupun sekolah
untuk pengembangan kualitas pembelajaran di sekolah dan 5) pemanfaatan komputer dalam
pembelajaran baru pada sebatas penggunaan powerpoint. Penggunaan ini pun masih sangat
minim kuantitasnya sehingga mitra lebih nyaman mengajar hanya dengan menggunakan spidol
dan papan tulis.
Dalam rangka melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan serta
membantu memvisualisasikan konsep-konsep matematis, kepada mitra akan diberikan solusi
berupa pelatihan pembelajaran dengan menggunakan software maple dalam pembelajaran
matematika pada materi Aljabar, yang didalamnya mencakup pula pembelajaran matematika
untuk siswa SMA Sei Putih. Selain itu dilakukan pendampingan kepada mitra, agar upaya
melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan dapat terwujud dan
berjalan dengan baik.
Luaran yang diharapkan dapat terwujud dari kegiatan ini adalah: (1) Merancang
pembelajaran matematika menggunakan maple, (2) Penggunaan maple sebagai media dalam
pembelajaran matematika, dan (3) Peningkatan kompetensi guru matematika SMA Sei Putih,
Kec, Tapung Kab Kampar dalam pembelajaran menggunakan maple materi Aljabar