Submision Description

  • Published Date: 31 Aug 2022
  • Modified Date: 31 Aug 2022
Download

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TENTANG PEMANFAATAN BUAH SEMANGKA DI DESA NAUMBAI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

By. Ners RIDHA HIDAYAT S.Kep, M.Kep

Tanaman semangka (Citrullus vulgaris) merupakan tanaman yang berasal dari Afrika yang merupakan salah satu tanaman holtikultura yang sangat digemari masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis, kandungan airnya banyak, dan renyah. Semangka merupakan tanaman buah berupa herbal yang tumbuh merambat. Menurut asal-usulnya, tanaman semangka konon berasal dari gurun Kalahari di Afrika, kemudian berkembang dengan pesat ke berbagai negara baik di daerah tropis maupun subtropis, seperti: Afrika Selatan, Cina, Jepang, dan Indonesia. Klasifikasi ilmiah semangka menurut Sobir dan Siregar (2010) antara lain kingdom plantae, divisi magnoliophyta (tumbuhan berbunga), kelas magnoliopsida (berkeping dua/ dikotil), ordoviolales, famili curcubitaceae (suku labu-labuan), genus Citrullus, dan spesies Citrullus vulgari.

      Buah semangka merupakan buah yang banyak mengandung air dan vitamin, dimana air dibutuhkan untuk menghilangkan dehidrasi dan vitamin digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Adapun kandungan buah semanka antara lainn air sebanyak 93,4g, protein 0,5g, karbohidrat 5,3g, lemak 0,1g, serat 0,2g, abu 0,7g, dan vitamin (A, B, dan C) dengan kandungan vitamin C sebesar 6 mg per 100 g bahan (Gunawan, Studi, Universitas, & Pengaraian, 2014). Kandungan lainnya adalah serat, abu dan juga mengandung asam amino, sirulin, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginine, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa dan sukrosa. Warna merah pada semangka menandakan tingginya kadar likopen, salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten (Anonim, 2012).

      Dengan kandungan tersebut maka terdapat beberapa manfaat dari semangka adalah mencegah dehidrasi, melindungi fungsi saraf, menurunkan frekuensi serangan asma, menjaga kesehatan kulit dan rambut dan membantu menurunkan berat badan. Dari semua manfaat dan keberadaannya yang tidak dipengaruhi oleh musim maka buah semangka bisa didapatkan dimana dan kapan saja.