Submision Description

  • Published Date: 06 Oct 2022
  • Modified Date: 06 Oct 2022
Download

Pelatihan Pemanfaatan Pelepah dan Daun Kelapa Sawit sebagai Pakan Ternak di Desa Penyasawan Kabupaten Kampar

By. MAULINA NOVITA S.Pt, M.Si

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditi hasil perkebunan yang menjadi andalan Indonesia untuk mendatangkan devisa setiap tahun. Saat ini, Indonesia merupakan produsen minyak kelapa sawit terbesar kedua di dunia setelah Malaysia dengan total produksi rata-rata 9,9 juta ton per tahun 2003.

Sejalan dengan semakin tingginya produksi dan luas area perkebunan kelapa sawit dari tahun ke tahun, di sisi lain akan terjadi pula peningkatan volume limbahnya, baik berupa limbah padat maupun limbah cair. Limbah kelapa sawit adalah sisa-sisa hasil tanaman kelapa sawit yang tidak termasuk dalam produk utama atau merupakan hasil ikutan dari proses pengolahan kelapa sawit. Limbah padat kelapa sawit dapat berupa tandan kosong, cangkang, janjang, dan fiber (sabut).

Hambatan pemanfaatan pelepah sebagai pakan ternak adalah rendahnya protein kasar berkisar 2,11% dan tingginya kandungan serat kasar mencapai 46,75% (Murni et al., 2008). Efryantoni (2012), menyatakan tingkat kecernaan bahan kering pelepah sawit hanya mencapai 45%. Untuk mengatasi kelemahan penggunaan pelepah dan daun sawit sebagai pakan ternak dilakukan inklusi maksimal berupa pengolahan melalui teknologi pakan, salah satunya dengan fermentasi.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini harapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat Desa Penyasawan terutama peternak sapi. Sehingga dapat mengatasi limbah sawit yang berupa pelepah sawit menjadi alternatif pakan ternak sapi.