Submision Description

  • Published Date: 16 Mar 2023
  • Modified Date: 16 Mar 2023
Download

Upaya Pencegahan Diabetes Mellitus Dengan Mengontrol Kadar Gula Darah Pada Masyarakat Di Desa Pulau Jambu

By. Ners MUHAMMAD NURMAN S.Kep, M.Kep

Keluargyang sehat merupakan impian dan harapan dari strategi pembangunan negara. Unit terkecil dalam masyarakat yang memiliki tugas dalam  pemeliharaan  kesehatan  untuk  seluruh  anggotanya.  Upaya  yang dapat digunakan  setiap anggota keluarga  untuk mencapai keluarga yang sehat salah satunya dapat mengetahui  dan mengontrol  kadar gula dalam darah. Pengontrolan gula darah juga dilakukan agar meminimalkan terjadinya penyakit Diabetes Mellitus (DM).

Hasil survey pengidap diabetes pada tahun 2021 Indonesia menempati  urutan ke lima dengan jumah kasus 19,47 juta. Berdasarkan Kemenke 2015 Prevalens penyakit   DM   di  Indonesi berdasarkan diagnosis  oleh tenaga kesehatan  adalah 0,7% sedangkan  prevalensi  DM (D/G) sebesar 1,1%. Data ini menunjukkan  cakupan diagnosis DM oleh tenaga kesehatan mencapai 63,6%, lebih tinggi dibandingkan cakupan penyakit asma maupun penyakit jantung. Prevalensi nasional Penyakit Diabetes Melitus adalah 1,1% (berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan dan gejala). Menurut konsensus Pengelolaan Diabetes melitus di Indonesia penyuluhan  dan  perencanaan  makan  merupakan  pilar  utama penatalaksanaan DM. Oleh karena itu perencanaan makan dan penyuluhannya kepada pasien DM haruslah mendapat perhatian yang besar (Perkeni, 2011).

Cara mudah untuk mendeteksi apakah terdapat potensi mengalami diabetes yaitu dengan pengecekan kadar gula darah. Pengecekan kadar gula daran  ini belum  tetntu mengindikasikan  seseorang  mengalami  diabetes, namun hal ini dapat dilakukan sebagai upaya mengetahu kadar gula darah yang dimiliki sehingga mampu mengontrol dan mengantisipasi agar tidak berakibat buruk diwaktu yang akan datang. Maka dari itu pengadaan penyuluhan serta pengecekan gula darah secara gratis dilakukan pada pengabdian  masyarakat sebagai  sarana  memberikan  pengetahuakepada masyarakat  dan mengajak masyarakat  untuk waspada  dan selalu menjaga kesehatan diri serta anggota keluarga.