Submision Description

  • Published Date: 10 Apr 2023
  • Modified Date: 10 Apr 2023
Download

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TENTANG SOSIALISASI PEMBUATAN TAPAL DAUN JARAK SEBAGAI OBAT MASUK ANGIN PADA BAYI YANG MENGALAMI PERUT KEMBUNG

By. Ners RIDHA HIDAYAT S.Kep, M.Kep

Desa Simpang Kubu adalah salah satu desa yang ada di kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Indonesia. Letak geografis desa Simpang kubu, sebelah utara desa Simpang kubu  berbatasan dengan desa Muara Jalai, sebelah selatan berbatasan dengan desa Lipat kain, sebelah timur berbatasan dengan desa Tanjung Berulak, sebelah barat berbatasan dengan desa Tanjung rambutan. Luas wilayah desa Simpang kubu adalah luas wilayah kerja  adalah  4.088 Ha, perkantoran  ¼ Ha, sekolah 4 Ha, tempat  peribadatan   1.5 Ha.

Masyarakat desa Simpang kubu mengobati perut kembung pada bayi menggunakan obat dari dokter umum baDesa Simpang Kubu adalah salah satu desa yang ada di kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Indonesia. Letak geografis desa Simpang kubu, sebelah utara desa Simpang kubu  berbatasan dengan desa Muara Jalai, sebelah selatan berbatasan dengan desa Lipat kain, sebelah timur berbatasan dengan desa Tanjung Berulak, sebelah barat berbatasan dengan desa Tanjung rambutan. Luas wilayah desa Simpang kubu adalah luas wilayah kerja  adalah  4.088 Ha, perkantoran  ¼ Ha, sekolah 4 Ha, tempat  peribadatan   1.5 Ha.

Masyarakat desa Simpang kubu mengobati perut kembung pada bayi menggunakan obat dari dokter umum bahkan ada yang hanya membeli obat tanpa resep. Ibu - Ibu desa Simpang kubu yang mengobati perut kembung pada bayi dengan menggunakan obat herbal tapi bukan daun jarak.  Tidak satupun dari ibu-ibu di desa tersebut mengetahui bahwa daun dari tanaman jarak juga dapat mengobati perut kembung pada bayi dan yang lebih mencengangkan lagi adalah ibu-ibu disana tidak mengetahui rupa dari tanaman jarak tersebut. Padahal tanaman tersebut tumbuh liar hampir diseluruh wilayah kabupaten Kampar.

 

Kata Kunci: Tapal, Herbal, Daun Jarak, Perut Kembung pada Bayihkan ada yang hanya membeli obat tanpa resep. Ibu - Ibu desa Simpang kubu yang mengobati perut kembung pada bayi dengan menggunakan obat herbal tapi bukan daun jarak.  Tidak satupun dari ibu-ibu di desa tersebut mengetahui bahwa daun dari tanaman jarak juga dapat mengobati perut kembung pada bayi dan yang lebih mencengangkan lagi adalah ibu-ibu disana tidak mengetahui rupa dari tanaman jarak tersebut. Padahal tanaman tersebut tumbuh liar hampir diseluruh wilayah kabupaten Kampar.

 

Kata Kunci: Tapal, Herbal, Daun Jarak, Perut Kembung pada Bayi