Submision Description

  • Published Date: 15 Apr 2023
  • Modified Date: 15 Apr 2023
Download

Peningkatan Sikap Motivasi dan Minat Berwirausaha Mahasiswa Anggota Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) Wilayah Sumatera

By. MAULINA NOVITA S.Pt, M.Si

Wirausaha merupakan orang yang mampu mengidentifikasi kesempatan dan memanfaatkan sumberdaya pendukung sehingga tercipta sebuah bisnis, serta berani menghadapi resiko dan ketidakpastian yang bertujuan memperoleh keuntungan dari bisnis tersebut. Jumlah pengangguran tingkat pendidikan sarjana berada di urutan keempat setelah tingkat pendidikan SMA Kejuruan, SMA Umum dan SMP, namun dari data BPS Agustus 2022 menunjukkan bahwa pengangguran tingkat pendidikan sarjana justru lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat pendidikan SD kebawah. Meskipun begitu, jumlah pengangguran tingkat pendidikan sarjana mengalami penurunan dari dua tahun terakhir.

Dalam rangka meningkatkan sikap, minat dan motivasi berwirausaha mahasiswa di Perguruan Tinggi perlu melakukan kegiatan inkubasi melalui pembinaan, bimbingan dan pendampingan serta fasilitasi manajemen, teknologi, permodalan dan pemasaran terhadap potensi bisnis mahasiswa sehingga menjadi unit bisnis yang mandiri. Salah satu kegiatan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jiwa wirausaha mahasiswa adalah penyuluhan pentingnya menanamkan jiwa wirausaha kepada mahasiswa Peternakan.

Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa peternakan anggota ISMAPETI Wilayah I Sumatera sebagian besar sudah merencanakan usaha yang akan mereka jalankan, beberapa sudah memiliki usaha dibidang peternakan. Mahasiswa yang belum memiliki usaha peternakan terlihat antusias untuk memulai usaha peternakan.