Submision Description

  • Published Date: 01 Mar 2024
  • Modified Date: 01 Mar 2024
Download

EDUKASI TENTANG PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH BAGI KESEHATAN DI MAN 1 KAMPAR TAHUN 2023

By. AGUS RIAWAN S.Gz, M.Gz

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/MENKES/PER/IV/2010, air mineral adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Menurut WHO 60% dari tubuh manusia adalah air. Dalam kehidupan sehari-hari kita memerlukan air. Cairan merupakan salah satu unsur gizi esensial dalam tubuh. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengetahuan remaja dalam mengkonsumsi air minum, karena pengetahuan berpengaruh terhadap sikap seseorang.

Remaja rentan mengalami dehidrasi yang disebabkan oleh banyaknya remaja melakukan aktivitas fisik yang sangat menguras tenaga dan menguras cairan dalam tubuh.Penyuluhan ini bertujuan untuk mengidentifikasi hasil tentang pengetahuan remaja dalam mengkonsumsi air minum untuk memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh. Metode penyuluhan yang digunakan dalam penyuluhan yang berjudul Pentingnya Minum Air Putih Bagi Kesehatan. Populasi pada penyuluhan ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA.

Hasil penyuluhan menunjukan bahwa siswa kelas XI IPA tersebut remaja yang memiliki pengetahuan dalam mengkonsumsi air minum untuk memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuhnya sebagian besar memiliki pengetahuan yang baik, namun masih ada remaja yang memiliki pengetahuan yang kurang disebabkan oleh kurangnya edukasi tentang pentingnya mengkonsumsi air minum untuk memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuhnya.