STUDI FENOMENOLOGI : PENGALAMAN PSIKOLOGIS IBU MERAWAT ANAK DENGAN RETARDASI MENTAL DI SLB NEGERI ROKAN HULU RIAU
By Ners NIA APRILLA S.Kep, M.Kep
12 Aug 2021
STUDI FENOMENOLOGI : PENGALAMAN PSIKOLOGIS IBU MERAWAT ANAK DENGAN RETARDASI MENTAL DI SLB NEGERI ROKAN HULU RIAU
Sebanyak 59,26% ibu yang memiliki anak
dengan retardasi mental bermasalah dalam merawat anaknya tersebut. Tujuan penelitian
ini adalah diketahui pengalaman psikologis ibu merawat anak dengan retardasi
mental di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Rokan Hulu, Riau. Penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam studi ini yang
dipelajari adalah pengalaman psikologis ibu merawat anak dengan retardasi
mental.Penelitian
dilakukan pada tanggal 12
Mei -11 Juni 2017. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah berjumlah 5 orang. Informan adalah ibu-ibu yang mempunyai anak retardasi
mental dan menyekolahkan anaknya tersebut di SLB Negeri Rokan Hulu, Riau. Informan diambil dengan teknik purposive
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunjungi rumah informan
selama 30-60 menit setiap 2-3 kali pertemuan.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada informan. Data
dianalisis dengan menerapkan teknik Colaizzi. Teridentifikasinya 7 tema dalam penelitian
ini yaitu (1) respon awal ibu mengetahui anaknya retardasi mental; (2) sikap orangtua dalam merawat; (3) kecemburuan saudara /sibling rivalry; (4) beban merawat
anak retardasi mental; (5) usaha mencari layanan kesehatan dan (6) harapan ibu.
Perawat diharapkan memfasilitasi membentuk peer
group ibu-ibu yang memiliki anak retardasi mental sebagai tempat sharing pengalaman merawat mereka,
diantaranya supprortif group, selfhelp
group, dan cognitive behaviour therapy.