ANALISIS KOMPREHENSIF PENGARUH RETAILING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN: SYSTEMATIC REVIEW DAN META-ANALISIS
By Dr. SAMSURIJAL. HS S.P, M.M
07 Sep 2024
ANALISIS KOMPREHENSIF PENGARUH RETAILING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN: SYSTEMATIC REVIEW DAN META-ANALISIS
Melalui
strategi pemasaran yang efektif, perusahaan memiliki kemampuan untuk menarik
minat pelanggan danmemposisikanprodukmerekasebagaipilihanyangdisukai.Studiinibertujuanuntukmengidentifikasikarakteristik yang memengaruhi keputusan
pembelian konsumen yang dipengaruhi oleh Retailing Mix. TeknikPRISMA digunakan untuk mencari melalui
256.328 makalah dalam database Crossref, menggunakan aplikasidaring Harzing Publish or Perish dan
Microsoft Excel. Uji Meta-Analisis dilakukan menggunakan PerangkatLunakJASPVersi0.19.0.0.Investigasimenghasilkan1000artikelScreening(Sepanjangtahun2024),dengan948artikel gagal memenuhi
kriteria inklusi dan eksklusi. Studi ini menemukan heterogenitas yang signifikan
dalamanalisis ukuran efek, yang
menunjukkan perlunya mengeksplorasi berbagai faktor yang memengaruhi hubunganantaraRetailingMixdankeputusanpembelianpelanggan.PengujianSummaryEffect/MeanEffectSizemengungkapkanhubunganpositifyangkuatantaraRetailMixdankeputusanpembelianpelanggan,menempatkannya dalam kategori sangat
tinggi. Studi ini menyimpulkan bahwa Retailing
Mix secara signifikanmemengaruhi
keputusan pembelian konsumen, yang menekankan pentingnya pengusaha ritel
mengintegrasikanstrategiritel untukmembangun keunggulan kompetitif sertamempertahankan loyalitaskonsumen