Pandemi Covid-19 telah menimbulkan guncangan ekonomi yang berdampak pada
perekonomian global dari level makro hingga menyentuh level mikro global.
Pandemi ini juga telah menentukan banyak kebijakan ekonomi dan politik,
misalnya, pemutusan hubungan kerja dan aturan untuk tinggal di rumah selama
pandemi ini. Di sisi lain, hal ini menyebabkan menjamurnya industri makanan
rumahan baru yang menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran. Kondisi
ini terjadi akibat sulitnya industri makanan konvensional beroperasi dan
meningkatnya pengangguran. Industri makanan online lebih disukai karena
minimnya risiko produksi dan kemudahan pemasaran. Pemasaran online melalui
media sosial dipilih karena merupakan metode pemasaran yang menggunakan media
elektronik dengan biaya rendah, efisien dan berdampak luas. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji efektivitas pemasaran online untuk meningkatkan
pendapatan perusahaan; Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
strategi pemasaran online; dan Memberikan rekomendasi alternatif dalam strategi
pemasaran online untuk diterapkan di Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Penelitian ini menetapkan bahwa media sosial merupakan media pemasaran yang
efektif untuk mempromosikan Produk UMKM, kemudian jenis media sosial, jenis
produk dan target pasar bersifat linier dan empiris, artinya setiap jenis
memiliki perlakuan dan pendekatan yang spesifik.
Keywords: UMKM, Media Sosial, Bauran
Promosi, Target Pasar.