Research

  • Published Date: 07 Sep 2022
  • Modified Date: 07 Sep 2022

KAJIAN RESIKO GEMPA DENGAN PENDEKATAN METODE RAPID VISUAL SCREENING (RVS) FEMA 154 TERHADAP BANGUNAN KANTOR BIDANG EKONOMI, PEMBANGUNAN DAN KESRA KABUPATEN KAMPAR

By. DANA ASWARA S.T., MS

 Indonesia merupakan wilayah dengan tingkat bencana alam yang sangat tinggi, salah satunya bencana gempa bumi. Diantara Kabupaten-Kabupaten yang ada di Provinsi Riau, Kabupaten Kampar termasuk salah satu di provinsi Riau yang memiliki resiko gempa yang cukup tinggi. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengaplikasikan metode Rapid Visual Screening (RVS) terhadap kerentanan Bangunan Pemerintahan di Kabupaten Kampar. Studi kasus pengamatan bangunan dilakukan pada gedung yaitu Kantor Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Berdasarkan koordinat lokasi gedung menunjukkan bangunan gedung yang ditinjau pada penelitian ini berada pada wilayah dengan resiko gempa cukup tinggi (moderately high).

Hasil penelitian menunjukkan bangunan Gedung Kantor Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Kabupaten Kampar Provinsi Riau memiliki nilai  final score yang lebih besar dari 2 sehingga  bangunan dapat dinyatakan aman terhadap resiko gempa berdasarkan FEMA P-154 dengan nilai S sebesar 2,3. Parameter Vertical Irregularity, Plan Irregularity dan Soil Type merupakan parameter yang sangat kuat dalam menentukan evaluasi berdasarkan FEMA P-154, karena nilai tersebut sebagai faktor nilai pengurang yang dapat mempengaruhi tingkat resiko kerentanan suatu bangunan terhadap bahaya gempa bumi.