Bahan ajar yang baik sangat dibutuhkan untuk diterapkan pada pembelajaran ilmu
pengetahuan alam di sekolah dasar. Bahan ajar harus bisa mengakomodasi
kebutuhan siswa kelas rendah agar siswa bisa berinteraksi lebih baik saat
pembelajaran berlangsung. Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan
pola pembelajaran yang interaktif menggunakan media powerpoint dalam
pembelajaran ilmu pengetahuan alam pada siswa sekolah dasar kelas rendah.
Riset ini dilakukan dengan sebuah metode penelitian kualitatif. Metode ini memiliki
empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, pengolahan data, dan
kesimpulan. Respondennya adalah siswa sekolah dasar pada kelas rendah (kelas
2 dan 3). Hasil riset menunjukan bahwa bahan ajar powerpoint memiliki efektifitas
yang tinggi dalam pembelajaran yang bersifat interaktif pada proses pembelajaran
ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar kelas rendah. Guru-guru sekolah dasar
seharusnya lebih sering menggunakan bahan ajar powerpoint agar pembelajaran
ilmu pengetahuan alam bisa lebih efektif dalam menghasilkan hasil belajar siswa
yang utuh, baik secara kognitif, afektif, dan juga psikomotorik.