Submision Description

  • Published Date: 03 Aug 2021
  • Modified Date: 03 Aug 2021
Download

Penyuluhan Kunjungan Antenatal Care (ANC) di Desa Salo Timur

By. RIZKI RAHMAWATI LESTARI S.KM, M.Kes

Pemeriksaan kehamilan merupakan salah satu tahapan penting menuju kehamilan yang sehat dan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para ibu hamil. Pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan melalui dokter kandungan atau bidan dengan minimal pemeriksaan 4 kali selama kehamilan yaitu pada usia kehamilan trimester pertama, trimester kedua dan dua kali pada kehamilan trimester ke tiga (berlaku dalam kehamilan normal).

Kunjungan Antenatal Care (ANC) adalah kunjungan ibu hamil kebidan atau dokter sedini mungkin semenjak ia merasa dirinya hamil untuk mendapatkan pelayanan/ asuhan antenatal. Pada setiap kunjungan ANC, petugas mengumpulkan dan menganalisis data mengenai kondisi ibu melalui anamnesis dan pemeriksaan  fisik untuk mendapatkan diagnosis kehamilan intrauterine, serta ada tidaknya masalah atau komplikasi. (Saifudin, dkk, 2002).

Selama periode kehamilan, Ibu disarankan untuk menjalani pemeriksaan ANC. Pemeriksaan ANC merupakan pemeriksaan kehamilan untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik Ibu hamil. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengenali secara dini jika ada ketidaknormalan atau komplikasi selama kehamilan agar Ibu hamil bisa segera mengambil langkah lebih lanjut. Tidak hanya itu, ANC juga bertujuan untuk memantau perkembangan kehamilan, mempersiapkan persalinan, persiapan pemberian ASI Eksklusif serta mempersiapkan Ibu untuk menerima kehadiran bayi.