Submision Description

  • Published Date: 12 Aug 2021
  • Modified Date: 12 Aug 2021
Download

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TENTANG TANAMAN OBAT KELUARGA DI DESA RANAH BARU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

By. Ners RIDHA HIDAYAT S.Kep, M.Kep

Desa Ranah baru Kecamatan Kampar Terletak diantara 101° 06’ 05 s/d 100° 07’ 00” Bujur Timur dan 00° 19’ 40” s/d 00° 21’ 45” Lintang Utara. Desa ranah Baru terletak didataran sedang, Topograpi lahan sebagian besar datar dan berawa-rawa kering, berada pada ketinggian ± 5-10 meter diatas permukaan laut.

Desa Ranah Baru berada dikecamatan Kampar, Ibu kota Desa Ranah Baru adalah Dusun Kampung Baru, Desa Ranah Baru memiliki luas ±1.856 Ha, 15,33 % wilayahnya merupakan areal pemukiman, 42,6 % areal pertanian dan 22,28 % perkebunan sedangkan 19,89 % merupakan lahan tidur/hutan belukar, rentang kendali Pemerintahan Desa Ranah Baru memiliki jarak dengan Kantor Camat Kampar ± 1 Km dan jarak dengan Kantor Bupati Kampar ± 10 Km dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat. Desa Ranah Baru berbatasan dengan:

a Sebelah Utara dengan Desa Ranah

b.   Sebelah Barat dengan Kelurahan Air Tiris

c Sebelah Selatan dengan Desa Penyesawan

d.   Sebelah Timur dengan Desa Ranah

Umumnya masyarakat di wilayah tersebut masih memiliki lahan pekarangan yang cukup luas, sehingga pemanfaatan dan pengelolaan lingkungan dapat dioptimalkan  dengan  penanaman  Tanaman Obat Keluarga ( TOGA ).  Berdasarkan  observasi di   lapanga diketahui bahwa  beberapa  ibu  rumah  tangga  telah  menanam     TOGA,  namun demikian jumlah TOGA yang ditanam jumlahnya terbatas. Sebagian dari mereka telah mengetahui khasiat TOGA dan secara teknis juga telah mampu mengolah TOGA, namun demikian   mereka belu memaham khasia TOGA   secar ilmiah.   Ole karena   it perlu dilakukan pelatihan tentang khasiat TOGA secara ilmiah. Masyarakat yang telah memiliki pengetahuan tentang khasiat TOGA dan menguasai cara pengolahannya dapat membudidayakan tanaman obat secara individual dan memanfaatkannya sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.