Submision Description

  • Published Date: 14 Aug 2021
  • Modified Date: 14 Aug 2021
Download

OLAHAN DAUN PANDAN DURI (PANDANUS TECTORIUS) MENJADI TIKAR DI DESA SIPUNGGUK KECAMATAN SALO KAMPAR

By. Ners NIA APRILLA S.Kep, M.Kep

Daun pandan duri (Pandanus Tectorius) adalah sejenis tanaman yang biasa ditemui disekitar kita. Daun pandan duri ini tumbuh pada rentang ketinggian antara 0–610 m dpl di seluruh pantai dan pulau di kawasan Asia Selatan dan Timur sampai ke Polinesia. Tanmaan ini sekarang mulai dilupakan oleh masyarakat dan tidak dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Padahal daun pandan duri ini bisa diolah menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi dan tentunya akan menambah pendapatan masyarakat.

Daun pandan duri bisa diolah menjadi anyaman tikar, topi, sajadah, tempat tisu, dll. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk memberdayakan masyarakat agar mampu mengolah hasil alam sehingga memiliki nilai jual yang tinggi dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat penyuluhan tentang olahan daun pandan duri menjadi tikar dengan cara menjelaskan tentang cara pengolahan daun pandan duri (dari memotong, membersihkan durinya, membuang tulang tengah daun pandan duri, merebus daun pandan duri, merendamnya, menjemur dan mengajarkan cara mengayam daun pandan duri menjadi tikar.