Submision Description

  • Published Date: 25 Jan 2022
  • Modified Date: 25 Jan 2022
Download

Penyuluhan Tentang Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja UPT BLUD Puskesmas Salo

By. RIZKI RAHMAWATI LESTARI S.KM, M.Kes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling sering diderita dan penyakit kronik yang serius di Indonesia saat ini. Setengah dari jumlah kasus Diabetes Mellitus (DM) tidak terdiagnosa karena pada umumnya diabetes tidak disertai gejala sampai terjadinya komplikasi. Prevalensi penyakit diabetes meningkat karena terjadi perubahan gaya hidup, kenaikan jumlah kalori yang dimakan, kurangnya aktifitas fisik dan meningkatnya jumlah populasi manusia usia lanjut. Dengan makin majunya keadaan sosial ekonomi masyarakat Indonesia serta pelayanan kesehatan yang makin baik dan merata, diperkirakan tingkat kejadian penyakit diabetes mellitus (DM) akan makin meningkat.

Dari hasil survey didapatkan jumlah pasien DM di Poli Dewasa Puskesmas Salo menempati urutan kedua dari 10 penyakit terbanyak. Berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2020 jumlah pasien diabetes  meningkat menjadi 1256 pasien. Sedangkan data tentang pengetahuan gizi dan pola makan didapat 7 dari 10 orang pasien mengalami diabetes mellitus akibat pengetahuan gizi yang kurang dan pola makan yang kurang baik. Penyakit DM tipe II di Indonesia merupakan penyakit tidak menular atau 2,1% dari seluruh kematian.

Mengingat insidensi diabetes mellitus yang terus meningkat dan bahaya komplikasi yang ditimbulkan, maka perlu dilakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan tentang penyakit hipertensi termasuk pemeriksaan Kadar Gula Darah (KGD) agar lansia di Wilayah Kerja UPT BLUD Puskesmas Salo dapat memantau kondisi kesehatannya dan mengontrol KGD dengan lebih mudah.