Submision Description

  • Published Date: 23 Feb 2022
  • Modified Date: 23 Feb 2022
Download

Pelayanan Kesehatan dan Pengobatan Gratis Bagi Masyarakat Desa Pulau Jambu Kecamatan Kampar

By. Ners MUHAMMAD NURMAN S.Kep, M.Kep

Keberhasilan pembangunan yang meliputi berbagai aspek kehidupan masyarakat tidak bisa terlepas dari keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan. Pembangunan di bidang kesehatan meliputi beberapa aspek  seperti termuat dalam GBHN 1999-2004, yang salah satu diantaranya  adalah meningkatkan mutu sumber daya manusia dan lingkungan yang saling mendukung dengan pendekatan paradigmsehat  yang  memberikan prioritas pada  upaya peningkatan kesehatan, pencegahan, penyembuhan, pemulihan dan rehabilitasi sejak pembuahan dalam kandungan sampai usia lanjut.

Seperti yang terdapat dalam GBHN, selain usaha-usaha pencegahan penyakit, tidak kalah pentingnya adalah usaha penyembuhan dan pemulihan penyakit. Usaha penyembuhan akan  terkait  erat  dengan  pemeriksaadini  dan  pengobatan  penyakit  yang  tentunya memerlukan biaya yang jauh lebih mahal dari usaha pencegahan penyakit. Krisis ekonomi dan krisis multidimensial yang dialami oleh negara kita menyebabkan tindakan pengobatan atau penyembuhan penyakit itu akan memerlukan biaya yang tidak sedikit yang bagi kebanyakan orang sulit dijangkau. Untuk itulah kami memilih kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelayanan kesehatan secara gratis, yang dilaksanakan di desa Pulau Jambu Kecamatan Kampar.

Secara geografis Desa Pulau Jambu berbatasan dengan wilayah di sebelah utara: Desa Pasubilah; sebelah timur: Desa Pulau Payung dan sebelah selatan: Desa Teratak. Secara adaDesa Pulau Jambu tersebut menjadi indikasi yang menggambarkan dapat berkembang dengan baik aktivitas sosial kemasyarakatan nya sekaligus  menjadi  sebuah  modal dalam menjaga, meneruskan, melestarikan nilai-nilai agama, tradisi serta budaya.