Submision Description

  • Published Date: 14 Mar 2022
  • Modified Date: 14 Mar 2022
Download

PENYULUHAN KESIAPSIAGAAN BENCANA KEBAKARAN DI DESA LERENG KECAMATAN KUOK

By. LIRA MUFTI AZZAHRI ISNAENI S.Kep, MKKK

Kesiapsiagaan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna (UU RI No.24 Tahun 2007). Sedangkan Kesiapsiagaan menurut Carter (2011) adalah tindakan-tindakan yang memungkinkan pemerintahan, organisasi, masyarakat, komunitas, dan individu untuk mampu menanggapi suatu situasi bencana secara cepat dan tepat guna. Termasuk kedalam tindakan kesiapsiagaan adalah penyusunan rencana penanggulangan bencana, pemeliharan dan pelatihan personil.

Kebakaran merupakan salah satu jenis bencana yang cukup potensial dengan meninggalkan kerugian yang besar jika tidak mendapatkan perhatian dan penanganan yang cukup dalam upaya mitigasi bencana. Menurut Undang- Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, kebakaran termasuk kepada jenis bencana alam sekaligus bencana nonalam berdasarkan penyebab terjadinya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa bencana kebakaran, selain dipengaruhi oleh kondisi fisik atau yang bersifat alamiah juga dapat terjadi akibat kelalaian manusia sebagai penyebabnya. Dalam mitigasi bencana, selain aspek fisik (alamiah) ternyata aspek manusia (sosial) pun harus mendapatkan perhatian khusus

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya kepala keluarga terkait kesiapsiagaan bencana kebakaran yang berisiko terjadi di desa lereng. Kegiatan ini akan dilakukan dengan menggunakan beberapan metode, yaitu ceramah dan tanya jawab.