Kelompok bermain (KB) merupakan
bagian dari pendidikan anak usia dini (PAUD) yang
tumbuh layaknya cendawan di musim hujan, lembaga ini berlomba-lomba memberikan layanan terbaik
untuk peserta didik. Kompetisi ini
melahirkan banyak inovasi metode pembelajaran di lapangan dengan segala
keunggulan dan kelebihannya.
Namun, seringkali KB yang diselenggarakan
masih belum memenuhi kriteria lembaga pendidikan yang memadai. Hal itu dapat
dilihat dari aspek pendidik yang kurang sesuai kompetensi maupun manajemen
penyelenggaraan KB
yang hanya seadanya.
Masalah yang terjadi dimana pengelolaan
kelompok bermain masih kurang optimal diantaranya ketidakseimbangan antara pola
pengelolaan yang seharusnya ditetapkan dilembaga tersebut namun tidak sesuai
dengan kondisi yang ada. Mengingat pentingnya kelompok bermain dimana
pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengatur implementasinya
agar dapat dilakukan secara optimal
Kasus yang kebanyakan terjadi dimana
orang tua yang belum memahami manajemen
program pembelajaran kelompok bermain, seringkali
antara yang diajarkan disekolah dan dirumah berbeda untuk anak. Lembaga
pendidikan seringkali belum menjalankan fungsi-fungsi manajemen.
Oleh karena TIM PENGABMAS Prodi
SI PG-PAUD Universitas Pahlawan menggab perlu untuk mengadakan bimbingan
manajemen program pembelajaran di salah satu KB yang ada di Desa Sungai Putih
tepatnya Kelompok Bermain (KB) Pelita Hati Ibu dengan harapan KB Pelita Hati Ibu dapat menerapkan
manajemen program pembelajaran dengan baik