Submision Description

  • Published Date: 16 Mar 2022
  • Modified Date: 16 Mar 2022
Download

BIMBINGAN MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN PADA KB PELITA HATI IBU DESA SUNGAI PINANG KECAMATAN TAMBANG

By. JONI S.Pd.I, M.Pd

Kelompok bermain (KB) merupakan bagian dari pendidikan anak usia dini (PAUD) yang tumbuh layaknya cendawan di musim hujan, lembaga ini  berlomba-lomba memberikan layanan terbaik untuk peserta didik. Kompetisi ini melahirkan banyak inovasi metode pembelajaran di lapangan dengan segala keunggulan dan kelebihannya.

Namun, seringkali KB yang diselenggarakan masih belum memenuhi kriteria lembaga pendidikan yang memadai. Hal itu dapat dilihat dari aspek pendidik yang kurang sesuai kompetensi maupun manajemen penyelenggaraan KB yang hanya seadanya.

Masalah yang terjadi dimana pengelolaan kelompok bermain masih kurang optimal diantaranya ketidakseimbangan antara pola pengelolaan yang seharusnya ditetapkan dilembaga tersebut namun tidak sesuai dengan kondisi yang ada. Mengingat pentingnya kelompok bermain dimana pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengatur implementasinya agar dapat dilakukan secara optimal

Kasus yang kebanyakan terjadi dimana orang tua yang belum memahami manajemen program pembelajaran kelompok bermain, seringkali antara yang diajarkan disekolah dan dirumah berbeda untuk anak. Lembaga pendidikan seringkali belum menjalankan fungsi-fungsi manajemen.

Oleh karena TIM PENGABMAS Prodi SI PG-PAUD Universitas Pahlawan menggab perlu untuk mengadakan bimbingan manajemen program pembelajaran di salah satu KB yang ada di Desa Sungai Putih tepatnya Kelompok Bermain (KB) Pelita Hati Ibu dengan harapan KB Pelita Hati Ibu dapat menerapkan manajemen program pembelajaran dengan baik