Submision Description

  • Published Date: 26 Aug 2022
  • Modified Date: 26 Aug 2022
Download

Pendampingan Internalisasi Nilai-Nilai Puasa Pada Anak Di Lingkungana Masjid Raudhatul Jannah, Perumahan Griyo Puspito, Kelurahan Binawidya, Kecamatan Binawidya

By. JONI S.Pd.I, M.Pd

Anak usia dini mengalami suatu proses perkembangan yang fundamentalis dalam arti bahwa dalam pengalaman perkembangan pada usia dini dapat memberikan pengaruh yang membekas dan berjangka waktu lama sehingga melandasi perkembangan anak selanjutnya. Stimulasi dini sangat diperlukan guna memberikan rangsangan terhadap seluruh aspek perkembangan anak, yang mencakup penanaman nilai-nilai agama dan moral, pembentukan sikap dan pengembangan kemampuan dasar (Soegeng Santoso, 2009: 9-11). Pemberian stimulasi yang dilakukan secara dini dan berkelanjutan akan mendorong terbentuknya perilaku yang akan dibawa anak sampai dewasa, karena latihan dan pembiasaan pada anak usia dini akan menjadi perilaku atau karakter yang permanen.

Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia TK harus disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan mereka. Untuk itu harus ada strategi yang tepat agar tujuan dapat tercapai. Karena salah fungsi strategi diantaranya adalah untuk mempermudah, mempercepat, lebih menikmati lebih memahami secara langsung, lebih efektif dan lebih mudah ditransfer ke dalam situasi baru (Trianto, 2007: 86).

Agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal, guru harus dapat menentukan strategi yang tepat untuk dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Penerapan strategi yang tepat tentu saja memberikan pengaruh yang sangat berarti dalam kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran strategi bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas anak didik menuju terbinanya insan yang handal dan mampu. Tentunya untuk tujuan ini maka strategi pembelajaran termasuk dalam mengidentifikasi segala bentuk kegiatan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar

Pendidikan di sekolah harus didukung dengan pendidikan di rumah dan di masyarakat, adapun di masyarkat tokoh masyarakat dan rumah ibadah sangat berperan penting dalam internalisasi nilai-nilai agama pada anak usia dini, terlebih lagi saat bulan ramadhan, bagai mana seharus rumah ibadah dalam hal ini masjid berperan dalam internalisasi nilai-nilai puasa pada  anak, inilah yang akan dilakukan tim pengabmas Prodi SI PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, yaitu melakukan pendampingan internalisasi Nilai-Nilai Puasa Pada Anak Di Lingkungana Masjid Raudhatul Jannah, Perumahan Griyo Puspito, Kelurahan Binawidya, Kecamatan Binawidya