Submision Description

  • Published Date: 16 Mar 2023
  • Modified Date: 16 Mar 2023
Download

PKM PELATIHAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI MOODLE BAGI KELOMPOK GURU DI DESA TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU

By. PUTRI ASILESTARI S.Pd, M.Pd

Sekolah-sekolah yang ada di desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu dihadapkan dengan berbagai masalah permasalahan yang ada di lingkungan sekolah khususnya permasalahan yang ada di dalam kelas. Permasalahan yang ditemukan guru di dalam kelas seperti masih rendahnya hasil belajar peserta didik, tidak efektifnya metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, tidak adanya motivasi dan semangat belajar dari peserta didik, serta penggunaan bahan ajar yang tidak dapat memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan keterampilan ataupun kemampuannya. Keterbatasan fasilitas dan kurangnya kegiatan pelatihan yang diikuti oleh guru-guru mulai dari sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah membuat kemampuan guru dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan pendidikan yang muncul baik di dalam kelas maupun di luar kelas yang seharusnya dapat diatasi atau dicarikan solusinya melalui suatu pelatihan.

Guru-guru tidak mengerti bahwa ada sebuah cara yang dapat menyelesaikan permasalahan mereka seperti melakukan penggunaan metode pembelajaran seperti e-learning. Selama ini yang terjadi di sekolah sekolah yang ada di desa Tanjung masih belum melakukan inovasi bru didalam proses pembelajaran. Guru-guru masih melakukan metode konvensional untuk mningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini tidak akan memberikan arti bagi perbaikan mutu pendidikan. Untuk meningkatkan hasil ataupun meningkatkan kualitas pendidikan maka dibutuhkan inovasi baru yaitu dengan penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran.. Penelitian merupakan cara untuk mengetahui dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan atau masalah yang dihadapi secara sitematik dengan menggunakan metode ilmiah.  Untuk itulah perlu dilakukan pelatihan metodologi penelitian guna mempermudah guru memahami makna dari sebuah penelitian dan bagaimana melaksanakan penelitian agar terciptanya mutu pendididikan yang baik.