Submision Description

  • Published Date: 14 Apr 2023
  • Modified Date: 14 Apr 2023
Download

PKM UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN KERJA PERAWAT MELALUI ANALISIS KEBUTUHAN DI RUANGAN RAWAT INAP RSUD BANGKINANG

By. Ners ERMA KASUMA YANTI S.Kep, M.Kep

Pelayanan keperawatan di rumah sakit harus didukung oleh salah satunya adalah jumlah jumlah tenaga dan kualitas perawat yang cukup karena pelayanan keperawatan merupakan merupakan inti dari pelayanan Kesehatan di rumah sakit. Kepuasan karyawan merupakan salah satu factor yang dapat meningkatkan kinerja. Kinerja perawat dapat diukur berdasarkan proses pemberian asuhan keperawatan. Berdasarkan laporan dari kasi keperawatan RSUD Bangkinang pada Tahun 2022 tentang pengisian dokumentasi keperawatan secara lengkap pada tahun 2021 tercapai 78 %. Untuk meningkatkan mutu keperawatan seorang perawat harus memiliki kinerja yang baik. Dari uraian permasalahan  yang dihadapi  oleh perawat dan upaya yang direncanakan untuk mengatasi masalah ini,  maka luaran dari rencana tersebut adalah menjelaskan pemenuhan kebutuhan perawat serta memberikan rekomendasi tentang peningkatan kepuasan kerja perawat melalui analisis pemenuhan kebutuhan perawat berdasarkan teori kebutuhan maslow. elaksanaan kegiatan ini direncanakan dalam 3 tahapan yaitu : tahapan persiapan, pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Tahapan persiapan meliputi pengurusan ijin,observasi lapangan, pengumpulan bahan serta koordinasi dengan pihak terkait. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 27 Desember 2022, tim telah sampai di Aula RSUD Bangkinang pukul 08.00 WIB. Tim langsung berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit. Tim langsung memasang spanduk, memperisapkan laptop dan infokus dan mempersiapkan semua kebutuhan untuk kegiatan pelatihan. Tepat pukul 09.00 WIB, kegiatan pelatihan dilakukan. Kegiatan pengabdian berlangsung tanpa halangan yang berarti dan peserta pengabdian mengikuti kegiatan dengan tertib dan interaktif.